Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Share it

Super Food, Makanan-makanan Pelindung Tubuh

Buah dan Sayur
MAKANAN super merupakan beberapa jenis bahan makanan yang didalamnya mengandung sumber nutrisi yang sangat baik dan lengkap. Makanan-makanan ini 'dipersenjatai' banyak fitonutrien, vitamin, mineral, dan antioksidan sehingga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara optimal. Superfood diyakini memiliki khasiat penyembuhan.

Ternyata walau tergolong dalam makanan yang mengandung nutrisi yang baik dan lengkap, superfood mudah dijumpai dimanapun, baik di pasar maupun di supermarket. Inilah beberapa superfood tersebut:

Pertama, Sayuran Berhijau daun
Sayuran berdaun hijau tua yaitu kangkung, bayam , selada, dan sawi didalamnya banyak sekali nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Kandungan dan khasiat:
Salah satunya adalah klorofil. Klorofil merupakan pigmen tanaman yang memberikan warna hijau mereka dan konon memiliki sifat antioksidan.

Kemudian mengandung protein, betakaroten, vitamin seperti asam folat dan vitamin A, dan mineral seperti zat besi dan kalsium.

Sayuran berdaun hijau tua juga merupakan sumber fitonutrien yang sangat baik seperti lutein, zeaxanthin, dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan.


Sayuran hijau mensuplai tubuh anda dengan serat dan terbukti meningkatkan waktu transit usus dan membantu mengurangi kadar kolesterol.


Kedua, Berries
Berry merupakan jeis buah.
Kandungan dan khasiat:

Berry tinggi kandungan antioksidannya, juga diakui khasiatnya untuk melindungi kulit dari kerutan. Berry mengandung fitonutrien seperti antosianin dan pterostilbene, yang konon berkhasiat untuk mencegah penyebaran sel kanker tertentu.

Sebagian besar buah berry mengandung vitamin antioksidan (vitamin A dalam bentuk beta-karoten, vitamin C, dan E).


Buah berry sangat penting untuk kekebalan tubuh karena dapat menetralkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas gangguan dalam tubuh. Buah berry dapat melindungi tubuh dari infeksi, melawan penyakit serius akibat penuaan, dan memperlambat proses penuaan dini.

Kandungan antioksidan yang tinggi membuat berry mampu membersihkan tubuh secara mendalam dan menunda proses penuaan. Buah berry juga bermanfaat untuk kulit karena mengurangi kerutan dan meredakan radang encok.

Ketiga, Kakao
Sejak dahulu kakao sangat dihargai oleh Bangsa Aztec dan Maya karena khasiat pengobatannya.
Khasiat dan kandungan:
Kakao mengandung antioksidan flavonoid yang tinggi, juga mengandung mineral belerang dan magnesium, yang memberi perlindungan untuk jantung.

Selain flavonoid, cokelat atau kakao mengandung theobromine, senyawa alkaloid bersifat stimultan ringan yang dapat menstimulasi sel saraf sehingga menimbulkan perasaan bersemangat dan segar. Selain sebagai stimultan, theobromine dipercaya memiliki mood elevating effects. Senyawa ini mendorong tubuh mengeluarkan senyawa lain yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan secara ringan mengurangi stres.


Satu setengah ons batang cokelat hitam memiliki sekitar 800 miligram antioksidan, setara dengan secangkir teh hitam.


Keempat, Goji (Berry Ajaib dari Himalaya)


Goji merupakan sejenis tumbuhan herbal yang berasal dari Pegunungan Tibet dan Himalaya. Dikenal juga sebagai wolfberries, telah digunakan dalam pengobatan Cina selama ribuan tahun.
Goji biasanya tersedia dalam bentuk kering, berupa buah merah kecil. Sekarang ini Goji sudah banyak tersedia di toko-toko obat dan kesehatan.


Khasiat dan kandungan:
Sangat tinggi antioksidannya. Selain itu juga merupakan sumber nutrisi yang baik seperti beta-carotene, vitamin C, amino acids, dan vitamin B.


Bermanfaat menangkal penyakit kardiovaskuler dan inflamasi, penyakit yang berhubungan dengan visi (seperti yang berkaitan dengan usia degenerasi makula dan glaukoma), memiliki sifat melindungi saraf atau sebagai suatu anti kanker dan agen imunomodulator.


Kelima, Spirulina
Spirulina merupakan sejenis ganggang mikro hijau-biru biasanya tersedia dalam bentuk bubuk dan serpihan. Tumbuh secara alami di danau tropis dan subtropis dan saluran air. Saat ini, kebanyakan spirulina tumbuh di lahan-lahan pertanian dengan kondisi yang terkendali.


Khasiat dan kandungan:
Mengandung protein dan kaya akan vitamin B-kompleks, klorofil, betakaroten (lebih dari wortel!), Vitamin E, serta beberapa mineral.


Keenam, Maca (Tonic Bangsa Inka)
Maca merupakan herba asli Pegunungan Andes di Peru. Maca tumbuh pada ketinggian tertinggi daripada tanaman pangan lainnya di dunia.


Khasiat dan kegunaan:
Maca diyakini berkhasiat untuk meningkatkan energi secara instan dan meningkatkan kualitas suasana hati. Maca juga diakui dapat meningkatkan libido dan telah berhasil dipelajari sebagai pengganti hormon alami bagi perempuan.


Maca menyediakan lebih dari 55 fitonutrien, serat, semua macronutrients, protein, karbohidrat, lemak, dan banyak vitamin dan mineral. Ekstrak Maca diyakini dapat meningkatkan libido, meningkatkan produksi, motilitas dan kualitas sperma.

Ketujuh, Wortel

Wortel adalah salah satu sumber vitamin A terbaik yang sangat bermanfaat untuk organ penglihatan.
Wortel merupakan sumber dari beberapa vitamin dan gizi lainnya, yaitu vitamin K, vitamin C, serat, kalium, mangan, dan vitamin B6. Vitamin C dan A merupakan sumber antioksidan penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

0 Response to "Super Food, Makanan-makanan Pelindung Tubuh"

Posting Komentar