Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Share it

Pola Makan yang Sehat


Pola makan yang berubah membuat bertanya-tanya lebih lanjut, sebenarnya bagaimana pola makan yang benar ?

Karena terkadang kita tak memperhatikan soal makan, yang penting asal ada yang dimakan, atau yang penting ada makanan kesukaan kita disana. Yang terlahir kemudian adalah tubuh tak sehat yang menyertai pola makan tak sehat kita. Memang tidak dalam waktu yang dekat akibat tersebut akan kita rasakan, tapi sangat bisa terjadi dalam jangka panjang, nantinya.

Simak cara2 berikut:

A. Prinsip manajemen isi piring yang membagi piring menjadi 4 bagian

Sebaiknya pada saat memasukan makanan yang akan disantap, Anda membagi piring menjadi 4 bagian yang berisi 1/4 bagian dengan nasi, 1/4 bagian lagi dengan lauk, dan 1/4 bagian dengan sayuran. Hindari makanan yang dimasak dengan banyak minyak atau bersantan.

B. Biasakan makan sayur terlebih dahulu

Mengapa sayur diurutan pertama ? Karena mengonsumsi sayur sebelum menyantap nasi dan lauk-pauknya akan mengisi setengah dari kapasitas lambung dengan asupan rendah kalori namun kaya nutrisi.

C. Gunakan piring yang kecil 

Anjuran ini dengan tujuan adalah lebih baik Anda makan sering tapi dalam porsi yang kecil-kecil, daripada makan sedikit tapi dalam porsi langsung besar setiap kali makannya. Anjuran ini bermaknan agar Anda tidak makan terlalu berlebihan. Makan berlebihan tidak baik bagi kesehatan, karena suplai karbohidrat menjadi berlebihan. Dan efek jangka panjangnya, kadar gula dalam darah akan tinggi jika dibiasakan seperti itu.

D. Jangan buru-buru minta tambah!

Penelitian menemukan bahwa otak membutuhkan waktu 20 menit untuk menangkap sinyal kenyang. Maka jangan lantas Anda buru-buru minta tambah apabila merasa belum kenyang.

E. Makan jangan tergesa-gesa!

Makan dengan tergesa-gesa membuat makanan tidak dikunyah dengan benar. Jika makanan dikunyah halus, saat tiba di saluran cerna, nutrisi makanan langsung diserap. Tubuh pun segera merasa kenyang. Makan terburu-buru juga membuat makanan yang masuk tidak terkontrol.

F. Sarapan Pagi jangan berlebih

Sedikit karbohidrat dalam menu makan pagi akan lebih baik. Hindari makan kenyang di pagi hari yang akan membuat Anda ngantuk.

G. Makan malam minimal 3 jam sebelum tidur

Usahakan makan malam 2-3 jam sebelum tidur, agar sebelum tidur makanan telah selesai dicerna dan tidak mengganggu tidur anda.

H. Banyak minum air putih

Menurut penelitian, setiap gelas yang diminum akan memicu reaksi yang disebut thermogenesis, yaitu kondisi saat tubuh meningkatkan metabolismenya dan membakar lemak di tubuh. Minum 8 gelas air putih sehari akan membantu membakar 150 kalori per harinya.

I. Rutin olahraga dan aktifitas fisik

Olahraga akan membantu membakar lemak di tubuh lebih cepat. Olahraga yang efektif untuk membakar lemak adalah olahraga yang dilakukan selama 1 jam. Aktivitas fisik pun dapat membantu tubuh membakar kalori, misalnya dengan membersikan kamar, naik turun tangga, atau berkebun.

0 Response to "Pola Makan yang Sehat"

Posting Komentar