Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Share it

Biji Pinang Atasi Cacingan


Cacingan yang biasanya diderita anak-anak tidak bisa dianggap remeh. Bila dibiarkan, akibatnya perut membuncit, konsentrasi menurun, pertumbuhan terganggu karena nutrisi diserap oleh cacing. Ada berbagai cara mengatasi cacingan. Banyak obat cacing dijual di apotik atau warung. Namun jika Anda ingin obat alami mangatasi cacingan, biji pinang jawabannya.

Pinang (Areca catechu, L) yang dulu biasa digunakan sebagi pendamping sirih untuk dikunyah, telah lama dipercaya memiliki berbagai khasiat. Disamping sebagai obat cacing, pinang efektif sebagai obat diare, penyakit kulit seperti kudis, kurap, panu, penurun demam, mengatasi kembung, hingga masalah keputihan dan sebagai pelancar haid.

Khasiat biji pinang untuk menyembuhkan cacingan telah diteliti di Pusat Penelitian Bioteknologi ITB. Terbukti, biji pinang efektif melawan cacing perut.

Sejumlah senyawa alkaloid terkandung dalam buah pinang, antara lain zat arekolin, arekaidin, arekain, guvacin, arekolidin, guvakolin, isoguvakolin, dan kolin. Arekolin yang banyak terdapat pada biji pinang bersifat racun dan bertindak sebagai nikotin ke sistem saraf, efeknya, dapat memberantas parasit seperti cacing dalam tubuh manusia.

Sementara itu, biji pinang yang diperas dapat mengeluarkan senyawa orekolin yang bermanfaat mengeluarkan cacing dari dalam tubuh.

Pinang atau biasa disebut Jambe (Jawa), Pining, Boni (Sumatra), Gahat, Kahat, Taan, Pinang (Kalimantan), termasuk keluarga palem. Pohonnya berbatang langsing, tumbuh tegak, tinggi 10-30 m, diameter 15-20 cm, tidak bercabang dengan bekas daun yang lepas. Daun majemuk menyirip tumbuh berkumpul di ujung batang. Pelepah daun berbentuk tabung, panjang 80 cm, tangkai daun pendek.

Buahnya berupa buah buni, bulat telur sungsang memanjang, panjang 4-7 cm, dinding buah berserabut, bila masak warnanya merah oranye. Buah pinang berbiji tunggal, bentuknya seperti kerucut pendek dengan ujung membulat, pangkal agak datar dengan suatu lekukan dangkal, panjang 15-30 mm, permukaan luar berwarna kecoklatan sampai coklat kemerahan, agak berlekuk-lekuk menyerupai jala dengan warna yang lebih muda.

Cara pengobatan untuk cacingan sangat mudah. Rebus 30 gram serbuk biji pinang bersama 2 gelas air. Terus didihkan selama 1 jam sampai air agak surut. Setelah itu angkat dan dinginkan. Minum sebelum sarapan.

Meski alami, pinang juga memiliki efek samping seperti mual dan muntah jika dikonsumsi dalam keadaan mentah.  

0 Response to "Biji Pinang Atasi Cacingan"

Posting Komentar